Selasa, 01 Februari 2011

Pembangunan Perekonomian Pesantren


Pesantren sebagai lembaga non profit sering dikaitkan dengan keikhlasan guru-gurunya dalam mengajar – terlebih pesantren shalfy –. Dasar keikhlasan kiranya adalah salah satu penyebab mengapa pesantren  berkembang pesat di tanah air. Namun di sisi lain, terkadang tarap kehidupan keluarga pondok pesantren tidak jarang sangat memperihatinkan karena tidak sempat mencari penghidupan ekonomi demi mewakafkan hidupnya untuk  kegiatan belajar mengajar.
Kemunduran ekonomi pesantren adalah salah satu sebab kemunduran pesantren selama dasawarsa terakhir ini. Dalam era globalisasi seperti ini, penguatan ekonomi di pesantren amatlah penting untuk menunjang stabilitas dari pada tujuan dan cita-cita pesantren dalam rangka mencetak akhlak dan moral bangsa.
Dengan adanya aktivitas perekonomian di dalam lembaga pesantren, juga diharapkan dapat mengembangkan skill kehidupan sosial dan ekonomi santri yang berlandaskan kesederhanaan. Hal itu tentu akan membantu memudahkan santri ketika menghadapi tantangan sebagai penggawa moral kelak dikemudian hari.
Atas dasar tersebut, maka kami insan pondok pesantren Nahdjussalam merasa perlu adanya lembaga ekonomi di bawah pengawasan pesantren untuk menunjang keberlangsungan stabilitas pesantren. Dalam hal ini, kami bermaksud untuk mengembangkan usaha yang bergerak dalam bidang agro bisnis dan perikanan sesuai dengan kapasitas dan potensi yang kami miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar